TpA0TfOlGSG0GfO5BSMiTfA6BY==

Dapur Sehat Lapas Banjarbaru Raih Sertifikat Halal

NarasiPublik - Dapur Sehat Lapas Banjarbaru akhirnya meraih sertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) untuk penyelenggara makanan dan minuman dengan pengolahan. Sertifikat Halal diserahkan oleh Kepala Kemenag Kota Banjarbaru, H. Mahrus, kepada Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/Anak Didik, Bagus Paras Etika, bertempat di Kantor Kemenag Banjarbaru, Rabu (17/7).

 Bagus mengatakan semua produk makanan dan minuman pada dapur sehat Lapas Banjarbaru telah ditetapkan halal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalimantan Selatan berdasarkan hasil audit kehalalan produk yang dilakukan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI).

 "Alhamdulillah, sertifikat halal ini diraih atas kolaborasi seluruh pegawai, khususnya subseksi Perawatan Narapidana sebagai penyelenggara makanan Warga Binaan. Sebelumnya, LPPOM MUI memeriksa langsung keadaan dapur, makanan dan minuman, peralatan masak, dan lainnya," jelas Bagus.

 Lebih lanjut, Bagus mengungkapkan pengajuan sertifikat halal ini merupakan tindak lanjut dari Surat Direktorat Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi Nomor: PAS.6-PK.06.08-613 tanggal 15 Mei 2024 tentang Imbauan Kepemilikan Sertifikat Halal dalam Penyelenggaraan Makanan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan yang meliputi Lapas, Rumah Tahanan (Rutan), dan Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA).

 "Pengajuan sertifikat halal merupakan hal yang wajib dipenuhi oleh setiap UPT Pemasyarakatan. Hal tersebut untuk memastikan hak-hak dasar Warga Binaan terpenuhi sesuai arahan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan,” ucap Bagus.

 Sementara itu, Kepala Kemenag Kota Banjarbaru, H. Mahrus, menyampaikan dengan sertifikat halal ini, Lapas Banjarbaru dapat menyelenggarakan pelayanan hak-hak dasar Warga Binaan, utamanya penyelenggaran makanan menjadi lebih berkualitas. 

 “Selamat kepada Lapas Banjarbaru yang telah mendapatkan sertifikasi halal untuk dapur sehat Lapas. Kami percaya dengan terbitnya sertifikat ini, rekan-rekan di Lapas Banjarbaru makin baik dalam memberikan pelayanan kepada Warga Binaan,” pungkas H. Mahrus.

Komentar0

Type above and press Enter to search.